Program Diet Untuk Pemula dengan Cepat

Program Diet Untuk Pemula dengan Cepat
Program Diet

Memiliki berat badan yang ideal dan proporsional merupakan impian semua orang khususnya kaum hawa namun tidak sedikit kaum adampun memimpikan tubuh yang ideal. Banyak Program cara diet yang telah dilakukan untuk memiliki tubuh yang sexy nan indah misalnya dengan mengkonsumsi obat pelangsing agar cepat kurus dengan cara instan, bahkan banyak pula yang tidak tanggung-tanggug melakukan sedot lemak yang memakan biaya lebih besar hanya untuk terlihat cantik, karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memiliki tubuh yang langsing akan membuat seseorang lebih percaya diri, semangat dan lebih menarik. Dari kedua cara tersebut tidak disarankan untuk dilakukan karena tidak menjamin seseorang mendapatkan tubuh yang ideal secara permanen dan tentunya akan menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh kita sendiri. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan diet sehat secara alami yang tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita, bukan malah menahan lapar yang dapat menghambat proses metabolisme sehingga menimbulkan penyakit. Berikut ini akan dibahas mengenai Program diet untuk pemula dengan cepat 15 cara ampuh dalam menurunkan berat badan secara alami tanpa efek samping.
1.      Komitmen dan motivasi
Komitmen dan motivasi merupakan langkah awal yang harus dimiliki untuk mencapai tujuan  yang diinginkan, karena tanpa adanya komitmen dan motivasi maka tujuan yang telah ditentukan tidak akan tercapai. Adanya komitmen akan membuat seseorang lebih konsisten dan termotivasi dalam mencapai target yang diinginkan karena adanya goal atau tujuan yang jelas.
2.      Sarapan pagi yang teratur
Banyak orang yang salah paham terhadap diet yang sehat sehingga mereka cenderung melupakan sarapan pagi yang sesungguhnya merupakan hal penting yang harus dibiasakan, karena sarapan pagi akan memberikan energi untuk membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dapat menstabilkan insulin dan dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tetap sehat dan bersemangat menjalankan olahraga untuk menurunkan berat badan. Melewatkan sarapan akan mengakibatkan melambatnya proses metabolisme dalam pembakaran lemak sehingga terjadinya penimpunan lemak diarea tertentu selain itu melewatkan sarapan akan memicu obesitas karena seseorang yang melewatkan sarapan cenderung memilih cemilan yang sembarangan. Selain itu dapat mengakibatkan ketidak stabilan kadar insulin dalam tubuh sehingga akan menghambat kesuksesan diet tersebut.
3.      Perbanyak minum air putih
Pada dasarkan tubuh memerlukan air yang cukup banyak untuk membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Karena air putih mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan juga dapat membantu proses diet yang sehat. Sebaiknya minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas sehari dan minumlah air putih sebelum makan untuk membantu menurunkan porsi makan sehingga perut akan merasa cepat kenyang dan dapat bertahan lama.
4.      Mengkonsumsi makanan kaya serat
Sama halnya dengan air putih, makanan yang kaya seratpun dapat membantu melancarkan proses metabolisme karena telah dipercayai makanan yang kaya akan serat merupakan kunci sukses dalam menurunkan berat badan. Makanan yang memiliki serat tinggi banyak terdapat didalam buah-buahan dan sayur-sayuran contohnya pir, pepaya, lemon, pisang, bayam, brokoli, kembang kol dan sayuran berwarna hijau. Makanan serat tinggi sebaiknya dikonsumsi pada siang hari atau malam hari.
5.      Olahraga Teratur
Program penurunan badan harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Disamping membuat tubuh kita sehat, dengan berolahraga akan membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga berat badanpun akan berkurang. Olahraga sederhana dapat dilakukan dengan jogging, sit up, push up, yoga, berjalan kaki atau bersepedah sehingga akan meningkatkan pembakaran lemak yang tertimbun di dalam tubuh.
6.      Menghindari makanan berlemak
Makanan berlemak tidak baik untuk kesehatan terutama bagi seseorang yang sedang merencanakan penurunan berat badan karena akan  mengakibatkan potensi penimbunan lemak yang berlebih didalam perut dan mengakibatkan kolestrol. Oleh karena itu hindarilah makanan berlemak contohnya gajih hewan ternak dan makanan yang digoreng dan beralihlah mengkonsumsi makanan dengan cara direbus, dipepes, dikukus ataupun dipanggang.
7.      Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi
Dalam program penurunan berat badan makanan berprotein tinggi sangat baik dikonsumsi terutama diwaktu sarapan karena protein mampu membakar lemak dan cocok digunakan sebagai menu sehat dalam menurunkan berat badan.
8.      Meminum minuman antioksidan (Teh Hijau)
Teh hijau memiliki kemampuan dalam mengikis lemak karena teh hijau mengandung antioksidan yang disebut katekin. Kandungan tersebut akan bekerja membakar lemak dan kalori yang ada didalam tubuh sehingga mampu menurunkan berat badan.
9.      Memakan minuman atau buah vitamin c
Sudah tidak asing lagi bahwa vitamin c dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh contoh buah yang mengandung vitamin c salah satunya adalah jeruk. Jeruk juga memiliki kalori yang rendah namun berserat tinggi sehingga  berpotensi menurunkan berat badan.
10.  Menghindari minuman bersoda
Minuman soda mengandung 250 kalori yang berasal dari gula dan tidak terdapat vitamin. Sehingga dengan meminum minuman bersoda akan meningkatkan penumpukan gula dan penimbunan lemak didalam tubuh sehingga akan meningkatkan obesitas atau kegemukan, diabetes dan osteoporosis.
11.  Mengganti makanan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jenis karbohidrat kompleks akan mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana selain itu karbohidrat kompleks memiliki waktu yang cukup lama dicerna dalam tubuh. contohnya nasi merah, oat meal, sereal, gandum dan jenis kacang-kacangan.
12.  Makan malam yang sehat
Sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat, karena umumnya hanya sedikit beraktivitas dimalam hari sehingga sumber energi yang dibutuhkanpun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu makanlah makanan pengganti nasi seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya serat untuk melancarkan proses metabolisme terutama proses pencernaan sehingga akan mengurangi berat badan secara signifikan.
13.  Memenuhi Nutrisi tubuh yang seimbang
Meskipun dalam program penurunan berat badan tapi tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi yang seimbang baik karbohidrat, lemak maupun protein. Namun pilihlah makanan yang mengandung lemak baik contohnya alpukat, minyak zaitun, salmon dll karena dapat membantu transportasi nutrisi keseluruh jaringan tubuh. 
14.  Makan dengan porsi kecil
Cara selanjutnya yaitu dengan sering makan namun dengan porsi kecil karena akan meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga proses pencernaan akan lebih aktif dalam memecah lemak dibandingkan dengan makan sekali sehari dengan porsi besar maka organ pencernaan akan  menimbun lemak didalam tubuh, sehingga dapat menambah berat tubuh.
15.  Mengurangi makanan cepat saji atau Junk Food
Makanan cepat saji adalah makanan yang kurang baik untuk kesehtan karena memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga hindarilah atau kurangilah dalam mengkonsumsi Junk Food karena akan mengganggu program penurunan berat badan.

Mudah- mudahan yang saya bahas barusan dapat membantu anda dalam melakukan program diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat, saya sarankan agar cara dari ke 15 itu anda pahami, jangan hanya di pahami tetapi dilakukan Inshaa Allah berhasil, Semoga Bermanfaat ^,^


Share This :