Tuesday, April 18, 2017

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

CARA MENGOBATI ASAM URAT SECARA ALAMI

Cara mengobati asam urat secara alami - Banyak sekali orang-orang bertanya bagaimana cara mengatasi penyakit asam urat secara alami ? Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa penyakit asam urat tidak boleh dibiarkan ataupun disepelekan karena apabila itu terjadi maka akan menimbulkan resiko terjadinya penyakit serius yang lainnya diantaranya terjadinya kerusakan sendi secara permanen dengan ditandai munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang. Kerusakan permanen biasanya terjadi pada kasus penyakit asam urat yang diabaikan selama bertahun-tahun. Selain itu dapat menimbulkan penyakit Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal. Oleh karena itu berikut ini akan saya jelaskan cara mengatasi penyakit asam urat secara alami.
1.         Mengatasi asam urat secara alami dengan daun salam
Daun salam banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga ketika sedang memasak. Daun ini mampu memberikan aroma masakan yang khas dan lezat. Selain bermanfaat bagi masakan, ternyata kandungan kalium dalam daun salam terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat.
Cara mengobati asam urat dengan daun salam: menyiapkan 10 lembar daun salam dan 2 gelas air. Setelah dibersihkan, rebus daun salam tadi dengan 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan 1 gelas air. Konsumsilah air rebusan daun salam tadi secara rutin maksimal 3 hari dua kali. Lakukan selama 1 bulan dan lihat hasilnya.
2.         Mengatasi asam urat secara alami dengan Daun Sirsak
Daun sirsak memiliki kandungan Vitamin C dan vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, selain itu daun ini juga bisa meringan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat, obat tradisional untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. caranya cukup sederhana dan mudah yaitu: siapkan daun sirsak muda sebanyak 5 lembar. Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih, minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin minumlah air rebusan tersebut secara rutin tiap hari.
3.         Mengatasi asam urat secara alami dengan daun cocor bebek
Racikan herbal daun cocor bebek, cengkeh, jahe sudah terbukti secara turun temurun efektif dalam mengatasi asam urat. Bahkan apabila dikonsumsi rutin, sangat efektif untuk menjaga daya tahan.
Cara mengatasi asam urat dengan cocor bebek : Siapkan bahan-bahan sebanyak 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga, dengan 4 lembar dari daun cocor bebek dan 1 jari dari kayu manis, dengan 5 gram dari biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml. Rebuslah bahan-bahan tadi dengan 600ml air hingga tersisa setengahnya. Bagi menjadi tiga atau per gelas 100ml, lalu konsumsi rutin sebanyak 3x sehari. Biasanya dalam waktu seminggu nyeri sendi akibat asam urat sudah sembuh.

4.         Mengatasi Asam Urat secara alami dengan Kumis kucing (Orthosiphon aristatus).
Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.
Cara membuat Kumis Kucing menjadi Obat Asam Urat: Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.
5.         Mengatasi asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar
Cengkeh dan ubi jalar ternyata dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami yang sudah digunakan oleh nenek moyang. Keduanya bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh.
Cara mengatasi asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar: Siapkan bahannya dulu seperti 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar. Selanjutnya cuci bersih bahan-bahan yang sudah disiapkan. Kemudian rebus dengan 1000ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Saring air tersebut, kemudian konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, kamu bisa mengonsumsi langsung secara terpisah.
6.         Mengatasi Asam Urat dengan Sidaguri (Sida rhombifolia).
Sidaguri (Sida rhombifolia) dikenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine. Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Dalam pengobatan, sidaguri digunakan sebagai anti radang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.
Cara Meramu Sidaguri menjadi Obat Asam Urat: Rebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram.
7.         Mengatasi asam urat dengan Sambiloto (Adrographis panniculata).
Di beberapa daerah sambiloto dikenal dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.
Cara meracik Sambiloto menjadi Obat Asam Urat yaitu : Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.


Itulah cara mengatasi asam urat secara alami yang mampu menurunkan kadar asam urat sehingga tidak menimbulkan efek samping yang lainnya.

0 comments

Post a Comment