Makanan untuk Program Hamil

Makanan untuk Program Hamil

Makanan untuk Program Hamil


Makanan untuk program cepat hamil - Program hamil memang tidak mudah dilakukan oleh semua pasangan karena agar mendapatkan keturunan haruslah didukung dengan mengkonsumsi makanan untuk program cepat hamil. Makanan merupakan sumber energi untuk aktivitas sehari-hari, selain itu makanan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan kandungan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis makanan untuk program cepat hamil sehingga dapat membantu menyuburkan kandungan :
1.         Karbohidrat Kompleks
Bahan makanan yang berasal dari biji-bijian utuh mengandung nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan kesuburuan. Beberapa nutrisi yang dimaksud di antaranya yaitu zat besi, vitamin B dan antioksidan. Sekarang ini anda dapat mengganti makanan sumber karbohidrat dengan produk biji-bijian utuh ataupun karbohidrat kompleks seperti misalkan sereal biji-bijian utuh, nasi merah atau roti tawar gandum.
2.         Daging
Daging ayam rendah lemak dan daging sapi adalah daging yang dapat membantu menyuburkan kandungan. Di dalam daging mengandung protein yang tinggi, selain itu daging juga kaya akan kandungan zat besi. Mesipun begitu, tidak disarankan mengkonsumsi daging secara berlebihan karena dapat menurunkan kesuburan. Mengkonsumsi daging setiap harinya tidak boleh lebih dari tiga porsi.
3.         Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan kandungan zat besi yang berperan untuk melancarkan siklus menstruasi wanita. Salah satu parameter kesehatan organ reproduksi wanita yaitu siklus menstruasi. Apabila siklus menstruasi tidak lancar, maka sistem reproduksi wanita terganggu.
4.         Tumbuhan Berprotein
Selain daging terdapat beberapa jenis tumbuhan yang kaya akan kandungan protein. Tumbuhan berprotein tinggi di antaranya yaitu kacang kedelai yang diolah menjadi tahu atau tempe, kacang polong dan kacang tanah. Kalori dan lemak yang dikandung dalam tumbuhan berprotein lebih rendah sehingga mengkonsumsi makanan tersebut tetap akan menjaga tubuh ideal anda.
5.         Ikan
Beberapa ikan mengandung asam lemak omega-3. Jenis-jenis ikan di antaranya yaitu ikan salmon, ikan sarden dan ikan lele. Asam lemak omega 3 dapat membantu dalam mengoptimalkan kinerja sistem reproduksi. Akan tetapi saat ini terdapat banyak kekhawatiran dalam konsumsi ikan, karena beberapa ikan justru sudah terkontaminasi oleh merkuri yang dapat membahayakan kesehatan. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 selain ikan di antaranya seperti kacang almond, kacang kenari dan telur.
6.         Produk Susu
Produk susu bermanfaat untuk kesehatan tulang, produk olahan susu juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Beberapa produk olahan susu di antaranya yaitu yoghurt, susu dan keju. Dalam memilih produk olahan susu sebaiknya pilihlah produk yang rendah atau bebas lemak.
7.         Ubi
Ubi adalah makanan yang kaya akan vitamin dan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Berdasarkan beberapa penelitian, dalam ubi terkandung suatu zat yang dapat merangsang ovulasi.
8.         Makanan Mengandung Zinc
        Zinc merupakan zat yang penting untuk mempercepat kehamilan. Zinc dapat membantu meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas dan membantu memperlancar siklus menstruasi. Makanan terbaik yang mengandung zinc yaitu tiram. Namun, jika anda sulit mendapatkan tiram, anda dapat mengganti makanan sumber zinc dari makanan seperti biji-bijian, telur, daging sapi, produk susu dan daging ayam.
9.         Jamur
Jamur merupakan salah satu makanan sehat dan berperan baik untuk menjaga kandungan. Jamur dikenal sebagai makanan yang rendah akan sodium, lemak dan kalori. Namun, jamur kaya akan nutrisi dan vitamin D. Vitamin yang terkandung dalam jamur baik untuk kesehatan kandungan dan kesuburan pria atau wanita. Mengkonsumsi jamur dengan teratur dalam porsi yang pas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria dan kualitas kandungan wanita.


10.     Buah-Buahan
Beberapa buah-buahan diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan. Buah-buah yang dimaksud di antaranya buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu menyuburkan kandungan, khususnya untuk para pria. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan mencegah terjadinya penggumpalan sperma. Buah Alpukat yang kaya akan kandungan asam folat sekitar 90 mcg atau setara dengan 22 persen dari kebutuhan harian tubuh. Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, buah tomat memiliki zat antioksidan yang baik untuk kesehatan termasuk kesehatan kandungan.
Buah Kurma yang masih muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Buah Berry contohnya Raspberry, blueberry, strobery merupakan buah-buahan yang tinggi akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam buah-buahan tersebut dapat melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel, termasuk sel-sel yang terdapat dalam sistem reproduksi. Jambu biji merah mengandung likopen yang sangat tinggi sebagai zat antioksidan dan dapat membantu menyuburkan reproduksi, baik untuk wanita maupun untuk pria.

10 jenis makanan untuk program cepat hamil yang telah dijelaskan diatas dapat kalian terapkan dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari, namun meskipun ke 10 jenis makanan untuk program cepat hamil diatas dapat menyuburkan kandungan tapi tetap harus dengan kadar asupan nutrisi yang seimbang dan tidak boleh berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan kandungan sehingga apabila mengkonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan kegagalan atau kesulitan hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya sehingga kita bisa mengetahui jenis makanan untuk program cepat hamil agar apa yang kita inginkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan dari pernikahan. Untuk informasi artikel lainnya mengenai program hamil secara cepat dapat dilihat pada artikel berikutnya.
Share This :