Tuesday, April 18, 2017

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Faktor penyebab penyakit Diabetes Mellitus (DM)


Faktor penyebab penyakit Diabetes Melitus (DM) – Pernahkah kalian mendengar penyakit Diabetes Melitus (DM) ? mungkin penyakit ini sudah tidak asing lagi karena banyak disekitar kita yang mengalami penyakit ini. Bagi yang belum tahu tidak usah khawatir karena saya akan menjelaskan mengenai apa itu penyakit Diabetes Mellitus (DM) dan apa saja faktor penyebab penyakit Diabetes Mellitus (DM). Penyakit Diabetes Mellitus (DM) dikenal dengan penyakit kencing manis yang merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Sumber lain mengatakan bahwa diabetes mellitus adalah keadaan hiperglikemia kronik yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, dan pembuluh darah, disertai lesi pada membran basalis dalam pemeriksaan dengan mikroskop elektron. Penyakit ini dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Apabila penderita diabetes kencing disembarang tempat, maka tempat tersebut akan dikerubuti semut layaknya gula yang manis. Penyakit Diabetes Mellitus disebabkan oleh ketidakmampuan organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin untuk menguraikan glukosa dalam tubuh. Ketidakmampuan tersebut karena konsumsi glukosa yang berlebihan sehingga glukosa menumpuk dalam darah dan tubuh kekurangan insulin untuk menguraikannya. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit tersebut kita perlu mengetahui penyebab, gejala, dan cara mengatasi penyakit Diabetes Mellitus (DM) sehingga kita bisa lebih hati-hati lagi dalam menjaga kesehatan karena sehat itu mahal dan lebih baik mencegah daripada mengobati. Hehhe J. Selain itu Penyakit ini juga cukup berbahaya bagi siapa saja yang mengalaminya dan beresiko terjadinya amputansi bahkan meninggal dunia.
Banyak faktor penyebab terjadinya penyakit Diabetes Mellitus diantaranya dari pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini cukup berbahaya jika semakin lama diabaikan, pasalnya penyakit diabetes dapat menyebabkan beberapa penyakit komplikasi. Penyebab penyakit diabetes yang utama adalah karena kurangnya produksi insulin (diabetes melitus jenis 1, yang pertama dikenal), atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2, bentuk yang lebih umum). Selain itu, terdapat jenis diabetes melitus yang juga disebabkan oleh resistansi insulin yang terjadi pada wanita hamil. Hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan sel beta pankreas terganggu dan kerja insulin jadi terhambat. Baiklah agar lebih jelas akan saya jelaskan faktor penyebab terjadinya penyakit Diabetes Mellitus
1.      Ketidakseimbangan hormone
Ketidakseimbangan hormon juga memiliki kaitan erat dengan penyakit Diabetes Mellitus karena ketidak seimbangan hormone akan mengganggu proses penguraian glukosa dalam tubuh sehingga fungsi kerja hormone insulinpun terganggu dan dapat memicu resistensi insulin.
2.      Resistensi sel terhadap insulin
Resistensi sel terhadap insulin merupakan penyebab terjadinya penyakit diabetes. Kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat bisa disebabkan karena reaksi penolakan sel terhadap insulin. Akibatnya, glukosa tidak bisa digunakan oleh sel sebagai sumber energi maupun makanan cadangan. Jadi, kadar gula dalam tubuh akan meningkat drastis.
3.      Kerusakan sel beta pancreas
Kerusakan sel beta pancreas merupakan akar permasalahan yang terjadi pada penyakit diabetes. Sel beta pankreas adalah kelenjar yang berperan mensekresikan insulin. Insulin berperan penting dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Jika sel beta pankreas mengalami kerusakan, maka insulin tidak bisa bekerja dengan normal sehingga kadar gula darah tidak bisa diatur.
4.      Gaya hidup dan pola makan yang salah.
Gaya hidup dengan pola makan yang salah dan tidak seimbang dapat menyebabkan terganggunya sistem produksi hormon insulin pada organ pangkreas karena seluruh makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa dikendalikan dan akhirnya terjadi penumpukan gula atau glukosa dalam darah terutama apabila seseorang jarang beraktifitas dan jarang berolahraga sehingga makanan yang dimakan tidak digunakan sebagai sumber energi dan menumpuk di dalam tubuh yang dapat menimbulkan obesitas sehingga rentan terjangkit penyakit diabetes mellitus.
5.      Keturunan
Penyakit diabetes mellitus dapat disebabkan oleh faktor keturunan yang oleh faktor genetic. Seseorang yang terserang penyakit diabetes mellitus karena faktor keterunan maka akan sulit dilakukan pengobatannya dan kemungkinan untuk dapat sembuhpun kecil, namun faktor keturunan hanya sebagian kecil yang menyebabkan penyakit ini karena penyakit diabetes mellitus lebih di dominasi oleh faktor gaya hidup yang salah. Penyakit diabetes memiliki beberapa tipe diantaranya tipe satu, dua dan tiga serta jenisnya ada yang basah dan kering. Penyakit diabetes yang sudah buruk dapat beresiko terhadap amputansi karena telah menggerogotinya bagian kakinya.
6.      Menggunakan pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi kebanyakan terbuat dari kombinasi hormon estrogen dan progestin, atau progestin saja. Pil kombinasi sering menyebabkan perubahan kadar gula darah. Menurut dr Dyah Purnamasari S, Sp PD, dari Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, kerja hormon pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja insulin. Karena kerja insulin dilawan, pankreas dipaksa bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin. Jika terlalu lama dibiarkan, pankreas menjadi letih dan tidak berfungsi dengan baik.

Demikian artikel yang bisa saya tulis mengenai faktor penyebab penyakit diabetes  mellitus atau yang biasa kita kenal dengan nama kencing manis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sehingga kita bisa mengetahui apa saja faktor penyebab penyakit diabetes  mellitus dan kita bisa menjaga pola hidup dan gaya hidup yang sehat sehingga kita terhindar dari penyakit diabetes mellitus dan penyakit yang berbahaya lainnya karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Artikel lainnya mengenai cara mengetahui gejala, dan cara mengatasi penyakit diabetes  mellitus dapat dibaca pada artikel selanjutnya.

0 comments

Post a Comment