Monday, April 17, 2017

PROMIL SETELAH KEGUGURAN

PROMIL SETELAH KEGUGURAN



Program hamil setelah keguguran – Keguguran merupakan hal yang sangat ditakuti oleh semua pasangan yang telah lama menikah maupun pasangan yang baru menikah karena apabila terjadi keguguran maka mau tidak mau seseorang arus menunda program hamil berikutnya. Menunda program hamil memang tidak diharapkan oleh sebagian pasangan terutama pasangan yang telah lama menginginkan buah hati didalam rumah tangganya. Buah hati memang sangat dinantikan oleh semua pasangan yang telah menikah karena dapat mengharmoniskan, nyaman dan membuat rumah tangga semakin ceria. Keguguran terkadang sangat menyakitkan dan menimbulkan trauma bagi seseorang yang mengalaminya sehingga seseorang yang mengalami keguguran akan mengalami gangguan emosional, sedih, menangis, kecewa dan lain-lain, meskipun sangat menyakitkan namun kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan dan menyusun program hamil berikutnya dengan berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan. Program hamil setelah keguguran sebaiknya dilakukan setelah 3-4 bulan, meskipun beberapa sumber lain mengatakan bahwa orang yang telah mengalami keguguran harus menunda kehamilan atau program hamil setelah 6 bulan sedangkan sumber lain mengatakan bahwa keadaan Rahim sang ibu akan kembali normal setelah 2-3 bulan karena dalam waktu tersebutpun Rahim sudah mampu memperbaikinya dan sudah siap untuk menerima janin. Program hamil setelah keguguran sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli kandungan untuk memastikan terlebih dahulu keadaan Rahim sang ibu.
Keguguran umumnya terjadi hanya satu kali dan untuk Program hamil selanjutnya akan berjalan dengan baik dan sehat serta apabila kondisi tubuhnya sehat dan mendukung maka memiliki peluang hamil dengan cepat. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa seseorang yang hamil setelah 6 bulan kehamilan memiliki hasil yang lebih baik dan dapat menurunkan resiko serta komplikasi yang lebih rendah sehingga apabila mengalami keguguran maka kita harus tetap berdo’a, berusaha dan jangan pernah putus asa karena tidak ada yang tidak mungkin bila tuhan menghendaki.
Berikut ini akan saya jelaskan program hamil setelah keguguran untuk sahabat programcara.com :



1.         Berkonsultasi dengan Dokter
Untuk menjalani Program hamil setelah keguguran sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan terlebih dahulu keadaan Rahim apakah sudah bersih atau belum sehingga dapat menunjang keberhasilan program kehamilan yang anda impikan.
2.         Konsumsi nutrisi yang tepat
Keguguran dapat mengakibatkan kondisi kesehatan kurang optimal dikarenakan banyak mengeluarkan darah saat keguguran sehingga perlu memulihkan kesehatan paska keguguran dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat sesuai dengan anjuran dokter. Berikut ini jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi yang baik setelah keguguran sehingga dapat mempercepat penyembuhan Rahim anda.
a.          Makanan yang mengandung zat besi
Paska keguguran menimbulkan rasa lelah dan letih karena kondisi kesehatan yang menurun akibat banyak darah yang keluar dari tubuh sehingga tubuh kehilangan zat besi sehingga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mengembalikan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Contoh makanan yang banyak mengandung zat besi adalah hati sapi, caviar, sarden, telur, asparagus, tomat, kentang, tiram, bayam, kangkung, jagung dan chard.
b.         Makanan dengan kandungan kalsium tinggi
Kalsium banyak dibutuhkan oleh janin dalam jumlah besar selama masa kehamilan sehingga untuk menjalankan program hamil setelah keguguran diperlukan asupan nutrisi yang banyak mengandung kalsium tinggi sehingga dapat menghindari resiko terjadinya keguguran karena salah satu penyebab keguguran adalah janin tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Contoh makanan yang mengandung kalsium tinggi diantaranya susu, ikan salmon, bayam, yoghurt, lobak, ikan sarden, oatmels, lobak, keju, alpukat, pok choy kecil, almond, susu kedelai, kacang merah dan biji wijen.
c.          Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Mengkonsumsi zat besi dapat mempercepat kesehatan sehingga tidak lagi merasakan rasa cepat letih dan lemas. Namun, untuk menjalani program hamil setelah keguguran  maka memerlukan energi yang maksimal yang tidak hanya zat besi melainkan memerlukan sumber energy yang lebih banyak dan tepat untuk menjalani kehamilan berikutnya. Cara efektifnya dengan cara mengkonsumsi Karbohidart Kompleks bukan hanya karbohidrat biasa. Karena karbohidrat biasa seperti karbohidrat olahan yang biasa kita temukan pada padia-padian, nasi putih dan roti tawar telah kehilangan nutrisi penting seperti vitamin B yang penting untuk kesuburan dan juga antioksidan. Selain itu, karbohidrat olahan juga  dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh anda yang dapat mengganggu kinerja hormon reproduksi dan akibatnya dapat menyebabkan siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks ini. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah beras merah, gandum, sereal, oat, barley dan dedak.
d.         Makanan yang mengandung Asam Folat
Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam kehamilan dokter kandungan menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan penyubur kandungan untuk meningkatkan kesuburan anda. Makanan penyubur yang paling ampuh adalah Asam Folat yang terdapat pada buah dan sayur, beberapa diantaranya adalah kacang hijau, tauge, bayam, asparagus, alpukat, brokoli, kacang polong, jagung, stroberi, selada, bit merah, lentil, garbanzo, kentang, jeruk dan pepayah. Makanan yang mengandung asam folat sebaiknya dikonsumsi secara rutin, karena itu sangat efektif dalam meningkatkan kesuburan anda.
3.         Menghindari Stres
Seseorang yang mengalami keguguran tak bisa dipungkiri pasti mengalami kesedihan, namun kesedihan tersebut tidak boleh berlarut-larut karena akan menjadi beban pikiran sehingga menyebabkan rasa cemas dan stress yang berlebih sehingga akan mengganggu kemampuan sel telur dalam berovulasi. Jika sel telur tidak dapat berovulasi, maka pembuahan pun pasti tidak akan terjadi dan artinya anda tidak bisa hamil. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari stres agar proses kehamilan berikutnya berjalan dengan lancar. Selain itu stres bisa merusak cara kerja dan keseimbangan hormon yang mengontrol ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Hasilnya, ovulasi Anda menjadi terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Padahal, salah satu cara cepat hamil adalah berhubungan seksual di masa ovulasi.

4.         Rutin melakukan olahraga.
Kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil. Namun, olahraga yang berlebihan justru bisa menimbulkan dampak sebaliknya yaitu membuat tubuh tidak berovulasi. Untuk membantu mempercepat kehamilan, Anda disarankan melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Contohnya, berjalan cepat  selama setengah jam. Lakukan lima kali dalam seminggu.
5.         Mengurangi minuman berkafein.
Kafein dapat menghambat kemampuan seseorang untuk hamil. Meski belum terbukti sepenuhnya, tidak ada salahnya mengurangi atau menghindari hal-hal yang mungkin dapat  mempersulit Anda memiliki keturunan. Contoh minuman berkafein yaitu kopi, teh, minuman soda dan minuman energi.
6.         Berhubungan seks di waktu yang tepat
Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual yaitu saat ovarium melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Namun Anda juga bisa berhubungan seksual sebelum ovulasi karena sperma dapat bertahan hidup di tubuh wanita selama seminggu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan masa subur Anda. Masa subur bisa diketahui dengan cara mengukur suhu basal tubuh, cek lendir serviks dan memerhatikan siklus mentruasi Anda.